Ketika kita mempertimbangkan program Java, dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari objek yang berkomunikasi melalui memohon metode masing-masing. Mari kita secara singkat melihat ke dalam apa yang dilakukan kelas, objek, metode, dan contoh variabel berarti.
- Obyek - Objek memiliki negara dan perilaku. Contoh: Seekor anjing memiliki negara - warna, nama, berkembang biak serta perilaku seperti mengibaskan ekor mereka, menggonggong, makan. Sebuah objek adalah instance dari kelas.
- Kelas - Sebuah kelas dapat didefinisikan sebagai template / blueprint yang menggambarkan perilaku / menyatakan bahwa objek dari jenis mendukung.
- Metode - Metode A pada dasarnya adalah perilaku. Sebuah kelas dapat berisi banyak metode. Hal ini dalam metode mana logika ditulis, data dimanipulasi dan semua tindakan yang dilakukan.
- Variabel Instance - Setiap objek memiliki seperangkat unik dari variabel instance. Negara obyek diciptakan oleh nilai-nilai ditugaskan untuk variabel instan tersebut.
Program Java Pertama
Mari kita lihat kode sederhana yang akan mencetak kata Hello World .
Contoh
public class MyFirstJavaProgram { /* This is my first java program. * This will print 'Hello World' as the output */ public static void main(String []args) { System.out.println("Hello World"); // prints Hello World } }
Mari kita lihat bagaimana untuk menyimpan file, mengkompilasi, dan menjalankan program. Ikuti langkah-langkah berikutnya -
- Buka notepad dan tambahkan kode seperti di atas.
- Simpan file as: MyFirstJavaProgram.java.
- Buka jendela command prompt dan pergi ke direktori tempat Anda menyimpan kelas. Menganggap itu C: \.
- Jenis 'javac MyFirstJavaProgram.java' dan tekan enter untuk mengkompilasi kode Anda. Jika tidak ada kesalahan dalam kode Anda, command prompt akan membawa Anda ke baris berikutnya (Asumsi: Variabel path diatur).
- Sekarang, type 'java MyFirstJavaProgram' to run your program.
- Anda akan dapat melihat 'Hello World' dicetak pada jendela.
Keluaran
C:\> javac MyFirstJavaProgram.java C:\> java MyFirstJavaProgram Hello World
dasar Sintaks
Tentang program Java, sangat penting untuk diingat hal-hal berikut.
- Kasus Sensitivitas - Java adalah case sensitive, yang berarti identifierHello dan halo akan memiliki arti yang berbeda di Jawa.
- Nama kelas - Untuk semua nama kelas huruf pertama harus dalam Kasus Atas. Jika beberapa kata yang digunakan untuk membentuk nama kelas, huruf pertama setiap kata dalam harus dalam Kasus Atas.Example: class MyFirstJavaClass
- Nama metode - Semua nama metode harus dimulai dengan huruf Bawah Kasus. Jika beberapa kata yang digunakan untuk membentuk nama metode, maka huruf pertama setiap kata dalam harus dalam Kasus Atas.Contoh: public void myMethodName ()
- Program File Name - Nama file program sebenarnya yang harus sesuai dengan nama kelas.Ketika menyimpan file, Anda harus menyimpannya menggunakan nama kelas (Ingat Java adalah case sensitive) dan menambahkan '.java' ke akhir nama (jika nama file dan nama kelas tidak cocok, program anda tidak akan mengkompilasi ).Contoh: Asumsikan 'MyFirstJavaProgram' adalah nama kelas. Maka file tersebut harus disimpan sebagai 'MyFirstJavaProgram.java'
- public static void main (String args []) - Java program pengolah dimulai dari metode main () yang merupakan bagian wajib dari setiap program Java.
Java Identifier
Semua komponen Java memerlukan nama. Nama yang digunakan untuk kelas, variabel, dan metode yang disebut pengidentifikasi .
Di Jawa, ada beberapa hal yang perlu diingat tentang pengidentifikasi. Mereka adalah sebagai berikut -
- Semua pengidentifikasi harus dimulai dengan huruf (A sampai Z atau untuk z), karakter mata uang ($) atau garis bawah (_).
- Setelah karakter pertama identifier dapat memiliki kombinasi karakter.
- Sebuah kata kunci tidak dapat digunakan sebagai identifier.
- Yang paling penting, pengidentifikasi bersifat case sensitif.
- Contoh pengidentifikasi hukum: usia, $ gaji, _value, __1_value.
- Contoh pengidentifikasi ilegal: 123abc, -salary.
Java Pengubah
Seperti bahasa lainnya, adalah mungkin untuk memodifikasi kelas, metode, dll, dengan menggunakan pengubah. Ada dua kategori pengubah -
- Pengubah akses - default, publik, dilindungi, swasta
- Non-akses Pengubah - akhir, abstrak, strictfp
Kami akan melihat ke dalam rincian lebih lanjut tentang pengubah pada bagian berikutnya.
Variabel Java
Berikut ini adalah jenis variabel di Jawa -
- Variabel lokal
- Variabel kelas (Variabel Statis)
- Misalnya Variabel (Variabel Non-static)
Java Array
Array adalah objek yang menyimpan beberapa variabel dari jenis yang sama. Namun, array itu sendiri adalah obyek di heap. Kami akan melihat bagaimana untuk menyatakan, membangun, dan menginisialisasi dalam bab-bab yang akan datang.
Java enum
Enum diperkenalkan di Jawa 5.0. Enum membatasi variabel untuk memiliki salah satu dari hanya beberapa nilai-nilai yang telah ditetapkan. Nilai-nilai dalam daftar enumerasi ini disebut enum.
Dengan menggunakan enum adalah mungkin untuk mengurangi jumlah bug dalam kode Anda.
Sebagai contoh, jika kita mempertimbangkan aplikasi untuk toko jus segar, akan ada kemungkinan untuk membatasi ukuran kaca kecil, menengah, dan besar. Ini akan memastikan bahwa tidak akan mengizinkan siapa pun untuk memesan ukuran selain kecil, menengah, maupun besar.
Contoh
class FreshJuice { enum FreshJuiceSize{ SMALL, MEDIUM, LARGE } FreshJuiceSize size; } public class FreshJuiceTest { public static void main(String args[]) { FreshJuice juice = new FreshJuice(); juice.size = FreshJuice.FreshJuiceSize.MEDIUM ; System.out.println("Size: " + juice.size); } }
Contoh di atas akan menghasilkan hasil sebagai berikut -
Keluaran
Size: MEDIUM
Catatan - Enum dapat dinyatakan sebagai milik mereka atau di dalam kelas. Metode, variabel, konstruktor dapat didefinisikan dalam enum juga.
Java Keywords
Daftar berikut menunjukkan kata-kata tersedia di Jawa. Kata-kata dicadangkan tidak boleh digunakan sebagai konstan atau variabel atau nama pengenal lainnya.
abstract | assert | boolean | break |
byte | case | catch | char |
class | const | continue | default |
do | double | else | enum |
extends | final | finally | float |
for | goto | if | implements |
import | instanceof | int | interface |
long | native | new | package |
private | protected | public | return |
short | static | strictfp | super |
switch | synchronized | this | throw |
throws | transient | try | void |
volatile | while |
Comments in Java
Java mendukung single-line dan komentar multi-garis yang sangat mirip dengan C dan C ++. Semua karakter yang tersedia dalam komentar apapun diabaikan oleh compiler Java.
Contoh
public class MyFirstJavaProgram { /* This is my first java program. * This will print 'Hello World' as the output * This is an example of multi-line comments. */ public static void main(String []args) { // This is an example of single line comment /* This is also an example of single line comment. */ System.out.println("Hello World"); } }
Keluaran
Hello World
Menggunakan Garis Kosong
Sebuah garis yang hanya berisi ruang putih, mungkin dengan komentar, dikenal sebagai garis kosong, dan Jawa benar-benar mengabaikan itu.
Warisan
Di Jawa, kelas dapat diturunkan dari kelas. Pada dasarnya, jika Anda perlu untuk membuat kelas baru dan di sini sudah merupakan kelas yang memiliki beberapa kode yang Anda butuhkan, maka dimungkinkan untuk menurunkan kelas baru Anda dari kode yang sudah ada.
Konsep ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali bidang dan metode dari kelas yang ada tanpa harus menulis ulang kode di kelas baru. Dalam skenario ini, kelas yang ada disebut superclass dan kelas turunan disebut subclass .
Antarmuka
Dalam bahasa Jawa, interface dapat didefinisikan sebagai kontrak antara objek pada bagaimana berkomunikasi dengan satu sama lain. Antarmuka memainkan peran penting ketika datang ke konsep warisan.
Sebuah antarmuka mendefinisikan metode, berasal kelas (subclass) harus menggunakan. Namun pelaksanaan metode benar-benar terserah subclass.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar