Senin, 19 Maret 2012

Mencegah Virus Masuk Komputer dengan 1 Cara Cepat


Selama ini , tempat yang sering digunakan oleh Virus sebagai jembatan penyeberangan kekomputer kita adalah melalui Autorun.inf terutama jika kita memakai OS Windows. Fitur ini akan mengaktifkan segala perangkat yang tercolok ke computer kita dan hampir seluruh perangkat itu mempunyai file Autorun.inf. contohnya CD Installer Windows 7 yang didalamnya terdapat Autorun.inf dengan salah satu bahasa programnya adalah open=setup.exe , maka jika CD ini dimasukkan pada Disk Drive, otomatis file yang dialamatkan tersebut akan tereksekusi. jika yang tereksekusi file installer masih tidak masalah beda kasus lagi jika yang tereksekusi adalah file VIRUS kemudian sang virus siap melakukan aksi aksinya yang sangat bervariasi , mulai dari membuat duplikat dirinya, menempel disistem dan memperbesar file sistem, memanggil teman-temannya melalui jaringan internet, sampai membuat komputer kita hang total.
beberapa ada yang menyarankan untuk mematikan fitur Autoplay , tapi sebenarnya cara itu kuranglah maksimal karena hanya akan mematikan eksekusi file Autorun.inf waktu pertama kali colok saja setelah itu ketika kita ingin masuk ke perangkat dengan mengkliknya fitur Autorun.inf akan berjalan kembali. So, apa sebaiknya harus dilakukan ?! Mau Tau ? Ok, setelah iklan yang satu ini, he2 .. bercanda !
caranya adalah dengan MENGEBLOCK AUTORUN.INF. langkah langkahnya adalah :
  1. Buka Notepad
  2. terus copy teks dibawah ini, lalu paste dinotepad (yang ada dalam kurung harus menjadi satu baris)
REGEDIT4
[HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsNTCurrentVersionIniFileMappingAutorun.inf]
@=”@SYS:DoesNotExist”
  1. Simpan dengan nama NoAutoRun.reg , (jangan lupa extensinya harus ’reg’ )
  2. kemudian klik kanan pada file , kemudian pilih merge, pilih ’yes’  untuk selanjutnya perintah perintah tersebut masuk ke registry .
sekarang semua perangkat yang tercolok tidak lagi tereksekusi secara sendirinya tanpa sepengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar