Kamis, 22 Desember 2016

Packet Tracer Sebagai Simulasi jaringan

Packet Tracer adalah sebuah program simulasi visual cross-platform yang dirancang oleh Cisco Systems yang memungkinkan pengguna untuk membuat topologi jaringan dan meniru jaringan komputer modern. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan konfigurasi router Cisco dan switch menggunakan antarmuka baris perintah simulasi. Packet Tracer membuat penggunaan antarmuka drag dan drop pengguna, yang memungkinkan pengguna untuk menambah dan menghapus perangkat jaringan simulasi seperti yang mereka lihat cocok. Perangkat lunak ini terutama difokuskan terhadap siswa Cisco Network Associate Academy Bersertifikat sebagai alat pendidikan untuk membantu mereka belajar konsep-konsep CCNA fundamental. Mahasiswa yang terdaftar dalam program CCNA Academy bebas dapat men-download dan menggunakan alat gratis untuk digunakan pendidikan. 

Selain simulasi aspek-aspek tertentu dari jaringan komputer, Packet Tracer juga dapat digunakan untuk kolaborasi. Pada Packet Tracer 5.0, Packet Tracer mendukung sistem multi-user yang memungkinkan beberapa pengguna untuk menghubungkan beberapa topologi bersama-sama melalui jaringan komputer.  Packet Tracer juga memungkinkan instruktur untuk membuat kegiatan yang siswa harus menyelesaikan. Packet Tracer sering digunakan dalam pengaturan pendidikan sebagai alat bantu pembelajaran. Cisco Systems mengklaim bahwa Packet Tracer berguna untuk eksperimen jaringan

Rangkuman 
Packet Tracer adalah simulator jaringan cross-platform yang dirancang oleh Cisco Systems untuk berjalan di Mac OS, Linux dan Microsoft Windows. Sebuah aplikasi Android serupa juga tersedia. Packet Tracer memungkinkan pengguna untuk membuat topologi jaringan simulasi dengan menyeret dan menjatuhkan router, switch dan berbagai jenis lain dari perangkat jaringan. Sebuah koneksi fisik antara perangkat diwakili oleh "kabel" item. Packet Tracer mendukung sebuah array dari protokol Application Layer simulasi, serta dasar routing dengan RIP, OSPF, EIGRP, BDP, dengan luasan yang dibutuhkan oleh kurikulum CCNA saat ini. Pada versi 5.3, Packet Tracer juga mendukung Border Gateway Protocol.

Versi 6.0 menambahkan dukungan untuk iOS versi 15 dan Hot Standby Routing Protocol. Versi 6.1.1 menambahkan dukungan untuk berbagai DHCP, EIGRP dan OSPF perintah, meningkatkan dukungan untuk kebijakan Firewall Zona Berbasis. Pada versi 6.2, Packet Tracer mendukung web server tertanam dengan JavaScript dan dukungan CSS. Baris perintah dapat digunakan untuk membuat sambungan router-to-pc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar